Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pemprov Babel bekerja sama dengan Smile Train Indonesia, menggelar operasi sumbing bibir dan sumbing langi-langit gratis sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap para penyandang bibir sumbing atau sumbing langit-langit. 

Melalui Yayasan Senyum Sejahtera, pelaksanaan bakti sosial operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit yang dilaksanakan di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Babel. Sebanyak 6 pasien telah berhasil dilakukan operasi pada hari pertama penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini. 

Kegiatan bakti sosial ini melibatkan sejumlah dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI). Ada dr. Yantoko, Sp.BP (Dokter Spesialis Bedah Plastik), dr. Helen Yudi, Sp.An (Dokter Spesialis Anestesi) dan Br. Muhammad Syarifuddin (Penata Anestesi) yang didatangkan langsung dari Jakarta. 

Sehari sebelum pelaksanaan, para peserta telah melakukan sejumlah skrining kesehatan untuk memastikan kondisi pasien dalam keadaan fit sehingga siap dilakukan tindakan. Terdata hingga pelaksanaan, terdapat sekitar 17 pasien yang sudah mendaftar dan dilakukan proses skrining di Poli Anak RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Babel. 

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Andri Nurtito, MARS, didampingi Plt. Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, dr. Bahrun Siregar Sutrisno, M.Kes, berkesempatan menemui keluarga pasien dan berbincang di ruang rawat setelah dilakukan tindakan operasi. Pasien dalam keadaan sehat dan akan segera kembali kerumah setelah diperbolehkan oleh Tim Dokter. 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022