Saham-saham Jepang berbalik arah menjadi diperdagangkan lebih tinggi di sesi pagi pada Senin, dengan saham-saham teknologi kelas berat memimpin kenaikan, karena sentimen risiko di pasar domestik terangkat oleh penutupan kuat di Wall Street akhir pekan lalu.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) naik 0,8 persen menjadi diperdagangkan di 26.942,45P poin pada pukul 02.10 GMT, setelah turun sebanyak 0,65 persen di awal sesi. Indeks Topix yang lebih luas naik 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 1.890,51 poin.

Ketiga indeks saham utama AS ditutup lebih tinggi pada Jumat (28/1/2022), didorong oleh pendapatan yang kuat dari perusahaan teknologi termasuk Apple, sementara investor mengalihkan pandangan mereka ke laporan keuangan perusahaan dan mengabaikan gejolak geopolitik dan kekhawatiran atas pengetatan Federal Reserve (Fed).

"Pasar hari ini meningkat seperti musim semi yang meregang kembali, didukung oleh rebound di Wall Street akhir pekan lalu," kata Chihiro Ohta dari riset investasi dan layanan investor di SMBC Nikko Securities.

"Arah pasar pekan ini akan tergantung pada data ekonomi AS yang akan datang dan perolehan laba perusahaan-perusahaan. Intinya adalah apakah Nikkei akan memulihkan level 27.000 dan memperpanjang kenaikan."

Saham-saham teknologi naik, dengan saham terkait chip Tokyo Electron dan Advantest masing-masing terangkat 2,64 persen dan 4,69 persen.

Agen kepegawaian, Recruit Holdings yang dilihat sebagai saham teknologi untuk kepemilikannya dalam platform pencarian kerja secara daring AS Indeed, melonjak 5,67 persen.

Alps Alpine melonjak hampir 20 persen dan merupakan pemenang tertinggi di Nikkei, setelah pembuat sistem navigasi mobil itu menaikkan perkiraan laba operasi tahunannya.

Omron merosot 8,34 persen setelah pembuat peralatan kesehatan itu memangkas prospek laba operasional tahunannya.

Chubu Electric Power anjlok 9,24 persen, adalah pencetak kerugian terbesar di Nikkei, sementara Tokyo Electric Power Company Holdings Inc kehilangan 6,5 persen.

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022