Saham-saham Jepang menguat pada perdagangan sesi pagi Rabu, dipimpin oleh ekuitas teknologi yang mengikuti kenaikan rekan-rekan mereka di Amerika Serikat, setelah tanda-tanda ketegangan mereda antara Rusia dan Ukraina mendorong saham Wall Street naik tajam.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) melonjak 2,0 persen menjadi diperdagangkan di 27.390,21 poin pada pukul 01.27 GMT, sedangkan indeks Topix yang lebih luas terangkat 1,43 persen menjadi diperdagangkan di 1.942,16 poin.

"Pasar Jepang rebound dari penurunan tajam di sesi sebelumnya karena pasar AS melonjak semalam," kata Takatoshi Itoshima, ahli strategi di Pictet Asset Management.

"Tetapi kenaikan dibatasi oleh pelemahan kontrak berjangka Nasdaq pagi ini. Dan ketegangan Rusia-Ukraina akan tetap menjadi fokus utama pasar selama sekitar satu minggu atau lebih."

Wall Street berakhir naik tajam semalam, karena panas geopolitik berubah sedikit setelah Rusia mengatakan telah menarik beberapa pasukannya di dekat perbatasan Ukraina, dengan indeks Philadelphia SE Semiconductor membukukan kenaikan persentase satu hari terbesar sejak Maret. 2021.

Di Tokyo, Tokyo Electron yang terkait chip memberikan dorongan terbesar untuk Nikkei, melonjak 4,11 persen dan Advantest meningkat 4,56 persen, serta pembuat sensor TDK melonjak 5,54 persen.

Asahi Holdings melambung 5,15 persen, setelah pembuat bir tersebut mengatakan akan menutup pabrik di dua lokasi di Jepang pada akhir Januari untuk meningkatkan produktivitasnya.

Produsen ban Bridgestone melonjak 7,63 persen setelah mengumumkan pembelian kembali saham.

Ketika harga minyak turun, perusahaan eksplorasi minyak Inpex Corp kehilangan 5,52 persen dan menjadi pemain terburuk di Nikkei. Perusahaan penyulingan minyak Idemitsu Kosan juga merosot 2,55 persen.

Ada 204 kenaikan pada indeks Nikkei melawan 18 penurunan.

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022