Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak warga setempat untuk mengolah sampah yang dimulai dari tingkat rumah tangga guna membantu upaya bersama mengendalikan penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir.

"Pengelolaan sampah yang dimulai dari tingkat rumah tangga perlu terus dibudayakan agar gerakan bersama dalam penanganan sampah bisa semakin baik," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Senin.

Selain membantu upaya bersama mengurangi terjadinya penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir, pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga juga akan memberi keuntungan ekonomi bagi keluarga tersebut.

"Perlu pemahaman bersama agar sampah ini bisa digunakan dengan bijaksana, mengolah atau memanfaatkan kembali barang-barang yang tidak berguna menjadi memiliki nilai jual atau minimal bisa dimanfaatkan kembali oleh warga," katanya.

Hal ini dikatakan Bupati Sukirman saat menghadiri peringatan hari Peduli Sampah Nasional tingkat kabupaten yang digelar di kawasan Pantai Baturakit, Mentok.

Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan peserta tersebut, selain seremonial sebagai upaya membangkitkan kembali gerakan peduli sampah juga digelar kegiatan pungut sampah di sepanjang kawasan pantai yang selama ini menjadi salah satu andalan destinasi wisata Bangka Barat tersebut.

"Pembersihan sampah di pesisir pantai ini juga dalam rangka mendukung pembangunan pariwisata Bangka Barat. Pantai ini sangat indah dan selama ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dalam dan luar daerah," katanya.

Ia berharap ke depan, warga semakin bijaksana dalam mengolah sampah, dan yang lebih penting adalah gerakan untuk peduli sampah yang dimulai dari diri masing-masing.

"Kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan dan memulai mengolah sampah dari rumah perlu terus dilakukan," katanya.

Pemkab Bangka Barat akan terus berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

"Mari sama-sama dimulai dari diri sendiri bijaksana mengelola sampah dan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan terus menerus untuk mewujudkan Bangka Barat yang bersih, tertib, nyaman dan sehat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022