Muntok (Antara Babel) - Ketersediaan toilet menjadi salah satu perhatian panitia kegiatan pariwisata bertajuk "International Home Stay Fair (HSF) 2015" yang akan digelar 10-12 September 2015 di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Di sekitar pusat kegiatan nantinya akan disediakan sejumlah toilet permanen dan yang bisa dipindah-pindahkan agar pengunjung tidak kesulitan mencari tempat buang air kecil dan besar," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Eko Nugroho, di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, pembangunan toilet permanen saat ini masih dalam proses pengerjaan dan ditargetkan selesai satu minggu sebelum hari pelaksanaan kegiatan.

"Untuk toilet yang bisa dipindah-pindah kami sudah meminta pihak penyelenggara kegiatan untuk menyediakan di beberapa titik lokasi, baik di pusat kegiatan maupun di objek wisata yang akan dikunjungi para peserta," kata dia.

Menurut dia, toilet memang menjadi salah satu fasilitas yang perlu disediakan karena saat ini di sekitar lokasi tempat dilaksanakannya pemeran belum ada toilet.

"Di sekitar lapangan Gelora Muntok yang selama ini menjadi pusat keramaian belum ada toilet yang layak sehingga pengunjung kurang nyaman saat datang ke lokasi tersebut," kata dia.

Dia berharap setelah dibangun sejumlah toilet permanen di lokasi tersebut, masyarakat dan para pengunjung ikut memelihara bangunan tersebut agar awet dan nyaman digunakan.

"Perawatan bangunan secara berkala juga penting dilaksanakan agar wisatawan nyaman dan akan berdampak pada sektor pariwisata daerah semakin maju," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015