Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) guna mewujudkan program pertanian yang direncanakan pemerintah daerah itu.

Bupati Bangka Tarmizi Saat di Sungailiat, Selasa, mengatakan, pengembangan sektor pertanian sangat penting bagi pembangunan ekonomi daerah karena pertambangan bijih timah sudah mulai berkurang.

Dalam naskah kerja sama yang ditandatangi Bupati Bangka Tarmizi Saat dan Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto itu disebutkan pihak IPB akan mendukung Pemkab Bangka di bindang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pendampingan pembangunan daerah, pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi pertanian serta kerja sama bidang lainnya.

"Sektor pertanian, perkebunan maupun sertor lainnya non penambangan masih perlu dilakukan pengelolaan yang baik dan tepat sehingga ke depannya dapat menjadi sektor unggulan yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat," kata bupati.

Menurut dia, IPB mempunyai beberapa fakultas yang memiliki kualitas baik dan berharap kesepakatan kerja sama nantinya  memberikan dampak positif untuk masyarakat dengan adanya inovasi untuk kemajuan daerah.

"Dengan kondisi seperti sekarang masyarakat dituntut dapat melakukan inovasi positif sehingga dapat bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia yang lebih dahulu berkembang," katanya.

Bupati mengatakan, sektor pertanian, perkebunan maupun sektor perikanan tangkap dan budidaya masih perlu mendapat perhatian melalui pengelolaan yang maksimal sehingga pada sektor itu dapat berhasil dengan baik.

"Saya optimistis sektor unggulan yang sudah dicanangkan dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan, namun tetap harus mendapat dukungan dari masyarakat termasuk dukungan pihak lain seperti dari pihak IPB," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015