Toboali (Antara Babel) - Warga Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap pemerintah segera mengoperasikan kapal ro-ro agar tersedia transportasi laut yang efektif dan murah.

"Kami sudah lama menunggu beroperasinya kapal penumpang rute Pelabuhan Sadai ke Tanjung Pandan, Belitung dan ke Pelabuhan Tanjung Priok," ujar seorang warga Toboali, Andi, Sabtu.

Ia mengatakan rencana pemerintah kabupaten mengoperasikan satu unit kapal penumpang jenis ro-ro pada Juli 2015 hingga kini belum juga terealisasi.

"Hingga kini belum ada kapal ro-ro yang sandar di Pelabuhan Sadai, sehingga kami harus ke Pelabuhan Pangkalbalam di Kota Pangkalpinang jika hendak pergi ke Belitung atau ke Jakarta," ujarnya.

Menurut dia, beroperasinya kapal penumpang di daerah itu akan sangat menguntung dan dapat menghemat biaya.

"Banyak manfaat yang bisa diperoleh kalau kapal ini sudah jalan. Selain dapat menambah PAD juga memberikan akses perhubungan bagi masyarakat," ujarnya.

Demikian juga Heri, warga lainnya yang berharap pemerintah daerah segera mengoperasikan kapal penumpang untuk mempermudah warga melakukan perjalanan ke luar pulau.

"Kami berharap pihak berwenang baik di pemerintah pusat maupun di daerah segera memenuhi janjinya menyediakan angkutan laut agar akses transportasi lebih maksimal," ujar dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015