Koba (Antara Babel) - Sekitar Rp900 juta APBD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, tersedot untuk keperluan kampanye pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Angka pastinya saya belum tahu persis, tetapi ada sekitar Rp900 juta," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Suryansyah di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, dana tersebut digunakan untuk keperluan pengadaan alat peraga kampanye yang dibutuhkan dua pasangan calon Pilkada dan pengerjaannya diserahkan kepada pihak ketiga.

"Alat peraga kampanye yang dicetak tersebut di antaranya baliho, umbul-umbul, pamlet, stiker dan brosur. Sekarang sedang dalam pengerjaan, dalam waktu dekat sudah selesai," ujarnya.

Ia menjelaskan, desain alat peraga kampanye tersebut dilakukan tim dari dua pasangan calon namun ada sebagian yang dikoreksi pihak KPU.

"Seperti apa model dan desain alat peraga kampanye diserahkan kepada dua pasangan calon, kemudian kami koreksi sebelum naik cetak," ujarnya.

Ia menyatakan, semua biaya tersebut ditanggung pihak KPU dan demikian juga sejumlah titik pemasangan alat peraga kampanye ditentukan oleh KPU.

"Termasuk ukuran alat peraga kampanye juga KPU yang menentukan, pasangan calon hanya melakukan desaian sesuai keinginan mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, setelah alat peraga kampanye selesai dicetak maka dilakukan serah terima dengan pasangan calon melalui tim sukses masing-masing.

"Yang pasti alat peraga kampanye itu sekarang sedang dalam proses cetak, kalau sudah selesai maka langsung serah terima dengan pasangan calon," ujarnya.

Pilkada Bangka Tengah hanya diikuti dua pasangan calon yaitu Patrianusa Sjahrun-Habibullah dan Erzaldi Rosman-Ibnu saleh, kedua pasangan calon didukung sejumlah partai politik koalisi.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015