Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan dua dari delapan wilayah kecamatan di daerah itu aman dari sebaran virus COVID-19 setelah tidak didapati warga yang terpapar virus corona.

"Dua wilayah kecamatan yang ditetapkan aman sebaran COVID-19 yakni di Kecamatan Bakam dan Kecamatan Puding Besar," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Selasa.

Sedangkan enam kecamatan lain seperti di Kecamatan Belinyu masih terdapat delapan orang warga yang positif COVID-19, Mendo Barat terdapat 12 orang, Merawang satu orang.

Kemudian di Kecamatan Pemali terdapat tujuh orang positif COVID-19, Riau Silip satu orang dan di Kecamatan Sungailiat terdapat 26 orang positif COVID-19.

"Saya optimis selain dua wilayah kecamatan itu yang zona aman COVID-19, wilayah kecamatan lainnya juga segera aman dari sebaran virus corona karena angka kasus tersisa relatif sedikit atau hanya satu orang," ujarnya.

Secara umum kasus sebaran varian corona di Kabupaten Bangka menunjukkan penurunan kasus yang signifikan atau hanya tersisa 55 orang pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan kesehatan.

"Angka kasus aktif itu jauh lebih rendah dibandingkan beberapa pekan lalu yang mencapai ratusan kasus aktif COVID-19," kata Boy Yandra.

Menurutnya, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan prokes dan segera mendaftar ke layanan vaksin jika warga usia wajib vaksin belum memperoleh vaksinasi baik dosis pertama, kedua dan booster.*
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022