Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bekerja sama dengan TNI AD, dan Kodim 0413 Bangka, mewujudkan program desa bebas buang air besar.

"Kami bekerja sama dengan TNI AD dari Kodim 0413 Bangka, berusaha mewujudkan program desa bebas buang air besar dengan cara pembuatan jamban bagi masyarakat," kata Bupati Bangka Tarmizi Saat di Sungailiat, Selasa.

Menurutnya, program desa bebas buang air besar bertujuan  mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat, juga untuk mewujudkan Bangka Sehat dan desa yang bebas buang air besar sembarangan.

"Hal yang penting dari program ini adalah merubah prilaku hidup masyarakat yang selama ini membuang air besar sembaran sekarang dialihkan buang air besar di jamban yang sudah disediakan," kata bupati.

Bupati mengatakan, sasaran program ini adalah diutamakan masyarakat yang berada di wilayah kecamatan atau desa, dan diketahui hanya beberapa kecamatan yang sudah mulai menggunakan jamban guna membuang air besar.

"Saya berharap semua pihak dapat membantu menyukseskan program kesehatan dan kebersihan tersebut, sehingga bisa menjadi perilaku yang baik dan sehat serta terjaga kesehatan lingkungan," katanya.

Sementara Sementara itu Komandan Dandim 0413 Bangka, Letkol Utten Simbolon, menyambut baik program pemerintah Kabupaten Bangka, dan pihaknya akan membantu sepenuhnya mewujudkan program itu.

"Kami mendukung penuh program itu yang berkepentingan dan bermanfaat langsung untuk masyarakat, dan kami akan menerjukan sejumlah prajurit TNI untuk membantu melaksanakan kegiatan," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015