Muntok, (Antara Babel) - Partai Golkar menargetkan mampu meraih enam kursi di DPRD Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, dalam Pemilihan Umum 2014.


"Kami yakin mampu meraih target tersebut karena bakal calon legislatif yang kami usung merupakan kader-kader lama yang berpengalaman serta dukungan seluruh elemen partai yang cukup solid," ujar Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bangka Barat Ali Purwanto di Muntok, Rabu.


Ali Purwanto mengungkapkan hal itu usai menyerahkan daftar calon sementara (DCS) calon anggota legislatif yang akan diusung dalam Pemilu 2014 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat.


Ia mengatakan rekrutmen calon sudah mulai dilaksanakan sejak setahun lalu dengan melibatkan semua unsur yang ada di tubuh partai mulai dari tingkat desa hingga kabupaten.


Ia menjelaskan, pada awal penjaringan, tim berhasil menjaring sebanyak 124 orang kandidat bakal calon, kemudian diseleksi lagi untuk diciutkan menjadi 64 calon.


"Setelah digodok ulang dengan langsung terjun ke lapangan, tim berhasil menjaring 24 calon dari tiga dapil, yaitu Dapil Muntok-Simpang Teritip, Dapil Kelapa-Tempilang, dan Dapil Jebus-Parittiga," kata dia.


Ia menambahkan, DCS yang diajukan saat ini merupakan calon yang benar-benar melalui proses dan mekanisme ketat, tidak asal comot untuk memenuhi kuota yang disyaratkan.


Disinggung keterwakilan perempuan 30 persen, ia mengatakan pengurus sudah melengkapi seperti yang disyaratkan di semua dapil dan semua calon perempuan yang diusung merupakan kader Golkar.


"Semua caleg perempuan merupakan kader-kader lama dan berjasa serta berbuat untuk partai, tidak ada wajah baru, jadi kami yakin dalam Pemilu 2014 target minimal enam kursi di DPRD Kabupaten Bangka Barat akan mampu kami raih," katanya.


Sementara itu, Sekjen Golkar Bangka Barat Luthy A Gathmyr mengatakan DCS yang diserahkan siap diverifikasi dan diperbaiki jika ada yang kurang agar bakal calon yang diusung lolos verifikasi.


"Kader yang kami usung ini merupakan kader lama dan proses penjaringannya juga melalui mekanisme ketat, bukan ditunjuk secara instan atau dadakan," kata dia.


Dalam penyerahan DSC ke KPU Kabupaten Bangka Barat yang dilaksanakan pada Rabu sore, pengurus partai berlambang pohon beringin itu datang ke Kantor KPU dengan diiringi konvoi ratusan kader yang menggunakan mobil dan sepeda motor sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kader terbaik untuk bertarung dalam kancah politik lima tahunan itu.


Pengurus partai mendaftarkan sebanyak 24 calon yang berasal dari tiga daerah pemilihan (Dapil) ke KPU, seluruh bakal calon dinilai cukup mumpuni dan berkualitas.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013