Kapal cepat Express Bahari 3 E yang melayani rute Tanjung Pandan - Pangkal Pinang menambah jadwal keberangkatan dari dua kali dalam seminggu menjadi setiap hari guna melayani arus mudik Lebaran di pelabuhan tersebut.

"Mulai hari ini Senin (25/4) atau terhitung sejak H-7 Lebaran jadwal keberangkatan kapal ditambah menjadi setiap hari," kata Pimpinan PT. Sakti Inti Makmur (SIM) Cabang Tanjung Pandan, Ivan Febrianto di Tanjung Pandan, Belitung, Senin.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga menambah jadwal keberangkatan kapal menjadi setiap hari sampai H+ 7 Lebaran guna melayani arus balik lebaran nanti.

Keputusan menambah jadwal keberangkatan tersebut mempertimbangkan kondisi penumpang yang mulai meningkat di pelabuhan tersebut. "Keputusan ini sebagai antisipasi arus mudik dan arus balik, karena baru tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik. Jadi mulai H-7 sampai H+7 kami akan berlayar setiap hari," ujarnya.

Terkait persyaratan calon penumpang, kata dia,  berpedoman kepada Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 antara lain bagi penumpang yang sudah menerima vaksin ketiga tidak wajib menujukan hasil tes antigen atau swab PCR.

"Tetapi bagi penumpang yang menerima vaksin kedua wajib menunjukan tes antigen berlaku 1×24 jam," katanya seraya menambahkan bahwa penumpang yang baru menerima vaksin pertama wajib menujukan hasil swab PCR berlaku 3×24 jam.

"Kemudian khusus anak di bawah 18 tahun yang sudah vaksin kedua tidak wajib menujukan tes antigen atau PCR. Sedangkan anak di bawah enam tahun harus didampingi orang tua," ujarnya.

Ia menyebutkan, harga tiket kapal cepat Express Bahari 3 E rute Tanjung Pandan - Pangkal Pinang kelas eksekutif dijual Rp252 ribu, kelas VIP Rp302 ribu  dan tiket anak-anak selisih Rp50 ribu.  Kapal ini berangkat dari Belitung pukul 07.00 WIB, sedangkan dari Bangka pukul 12.00 WIB.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022