Pangkalpinang (Antara Babel) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Bangka Belitung dan Rudi Center akan menggelar Bhakti Sosial berupa operasi katarak gratis bagi seluruh masyarakat Bangka Belitung.

"Rencananya operasi katarak tersebut akan digelar pada Oktober dan November mendatang. Nantinya kami akan mendatangkan tim dokter dari Rumah Sakit Mata Cicindo, Bandung, seperti yang pernah kami lakukan pada tahun-tahun sebelumnya," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Pangkalpinang Abang Hertza di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, operasi katarak itu akan digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Kota Pangkalpinang. Untuk jumlah dokter yang akan didatangkan tergantung jumlah pasien yang akan dioperasi nantinya.

"Untuk tahun lalu ada 200 lebih pasien yang dioperasi dengan melibatkan 27 orang dokter dari Cicindo. Sedangkan untuk tahun ini kita lihat jumlah pasiennya berapa baru kita bisa menentukan berapa orang dokter yang akan disiapkan," katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan operasi katarak gratis ini merupakan acara rutinitas PDIP dan Rudi Center setiap tahunnya, dengan sasaran masyarakat Babel secara umum dan tidak ada batasan untuk pasien yang mau dioperasi.

"Rencana operasi awal bulan Oktober untuk yang di Bangka dan November untuk di Belitung. Tapi akan dikonfirmasikan kapan tanggal pelaksanaannya, karena kita juga perlu persiapan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan sosial tersebut murni disponsori PDIP atau Rudi Center. Untuk tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaannya di Provinsi Babel. Untuk hari ini tidak kurang dari 250 pasien mendatangi Kantor DPC PDIP Kota Pangkalpinang untuk melakukan langkah awal operasi katarak.

"Hari ini skrining awal sebelum dilaksanakan operasi katarak. Dengan ini kita bisa tahu apakah mereka yang datang dikategorikan katarak atau bukan, apakah layak untuk dioperasi atau tidak," katanya.

Sementara Wakil Bendahara DPP PDI Perjuangan, Rudianto Tjen mengatakan jumlah pasien yang mau dioperasi tidak akan dibatasi, sehingga masyarakat Bangka Belitung yang mau silahkan datang untuk mendaftar.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mendaftar, baik itu sendiri maupun diwakilkan dapat mendatangi kantor DPD PDIP Babel, DPC Kabupaten/Kota maupun PAC setempat.

"Ini bentuk kepedulian kita dan kegiatan ini setiap tahunnya kami lakukan. Kalau kami tidak disibukkan dengan kegiatan, kami pasti lakukan setiap tahun dengan tujuan untuk membantu masyarakat Bangka Belitung, salah satunya melaksanakan operasi katarak gratis," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015