Pangkalpinang (Antara Babel) - PT Pelindo II (Persero) Cabang Pangkalbalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan pelabuhan khusus hewan kurban, guna menjaga kelancaran aktivitas bongkar muat di pelabuhan itu.

"Kita telah menyediakan pelabuhan khusus untuk membongkar ternak, seiring meningkatkan pasokan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha," kata GM PT Pelindo II (Persero) Cabang Pangkalbalam, Tito Gutoro di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan menjelang Idul Adha jumlah hewan kurban seperti sapi dan kambing dari Pulau Jawa, Sumatera mengalami peningkatan, sehingga perlu kawasan khusus untuk menampung ternak tersebut.

"Kita telah menyediakan kawasan khusus untuk mangkalnya hewan kurban yang tidak jauh berada dari Pelabuhan Pangkalbalam," ujarnya.

Menurut dia kawasan khusus hewan kurban ini tidak akan mengganggu ketertiban aktivitas bongkar muat barang lainnya.

Selain itu pihaknya bekerja sama dengan pihak Balai Karantina Pertanian melakukan pengawasan, baik dari segi penyakit hingga izin masuknya hewan kurban.

"Kita bekerjasama dengan Karantina untuk menindak lanjut kelayakan masuknya hewan kurban ke masyarakat dalam keadaan aman," ujarnya.

Ia berharap, pasokan hewan kurban melalui pelabuhan ini berjalan lancar sehingga stok hewan kurban aman dan dapat mencangkup kebutuhan masyarakat pada hari raya nanti.

"Selama ini jalur pemasokan hewan kurban melalui jalur laut, karena lebih efektif dan aman," ujarnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015