Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprediksi pada Senin (21/9) cuaca di seluruh daratan Provinsi Bangka Belitung berawan dan tidak ada potensi hujan.

"Berdasarkan pantauan satelit cuaca di tujuh kabupaten/kota hanya berawan tidak ada menunjukkan tanda-tanda akan turun hujan," kata Staf Koordinator Unit Analisa BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan di Pangkalpinang, Minggu.

Sementara itu, tinggi gelombang maksimum jalur di jalur penyeberangan di perairan Selat Gelasa, Selat Bangka dan Utara Bangka berkisar 1,3 meter, sedangkan di Selat Karimata dan di Selatan Bangka berkisar 1,5 meter.

"Diharapkan para nelayan tradisional tetap waspada karena tinggi gelombang sewaktu-waktu dapat berubaha akibat hembusan angin. Saat ini kecepatan angin di perairan itu berkisar 10-35 kilometer per jam," ujarnya.

Para nelayan tradisional yang memaksakan diri hendak melaut jangan lupa membawa persediaan atau kotak keamanan dan kebutuhan lainnya yang dapat menyelamatkan keselamatan diri.

 "Jangan lupa bawa perlengkapan keselamatan sebagai antisipasi dini agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama beraktivitas di laut," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015