Jakarta (Antara Babel) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat klarifikasi kepada Kementerian Luar Negeri terkait adanya kabar pelaporan atas kelakuan tidak baik Duta Besar RI untuk Argentina Jonny Sinaga.

"Kami sudah menyurati Kemenlu untuk mengklarifikasi apa benar surat dari diplomat Argentina seperti itu," kata Tantowi Yahya kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Seperti ramai diberitakan sejumlah media sebelumnya, ada laporan tertulis dari diplomat RI di Argentina kepada Kementerian Luar Negeri, yang isinya mengadukan dugaan kelakuan tidak baik yang dilakukan Dubes RI untuk Argentina Jonny Sinaga.

Belum jelas betul apa kelakuan tidak baik yang dituduhkan. Namun Tantowi mengatakan apabila yang diadukan diplomat RI itu benar adanya, maka Komisi I DPR RI bisa saja mengusulkan presiden untuk menarik pulang Duta Besar RI untuk Argentina.

Tantowi mengatakan penarikan terhadap seorang duta besar bisa dilakukan manakala duta besar yang dimaksud tidak mampu menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

Sejauh ini, Kemenlu dikabarkan telah mengirimkan tim untuk mengklarifikasi laporan tersebut. Hingga kini belum ada kabar mengenai kebenaran aduan itu.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015