Muntok (Antara Babel) - Anggota tim patroli Kepolisian Sektor Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mendapati sebanyak empat remaja yang sedang asyik mengisap lem adhesive merk Aibon.

"Empat remaja tersebut langsung diamankan dan dibawa ke Mapolsek Muntok untuk didata, dimintai keterangan dan diserahkan kepada orang tua masing-masing," ujar Kapolres Bangka Barat melalui Kepala Unit Shabara Polsek Muntok, Brigadir Pilza Andiawan, Rabu.

Ia mengatakan, penangkapan terhadap empat remaja tersebut berawal ketika tim patroli yang dipimpinnya melaksanakan patroli pengamanan rutin di seputaran Kota Muntok, pada Senin (28/9) sekitar pukul 23.45 WIB.

"Begitu memasuki wilayah Kampung Argen, Belolaut, tim patroli menemukan empat orang tersebut sedang mengisap lem Aibon di salah satu rumah kosong," kata dia.

Selanjutnya empat remaja tersebut dibawa ke Mapolsek Muntok guna mendapatkan bimbingan dan arahan dari polisi.

"Mereka kami berikan pemahaman bahaya mengisap lem adhesive yang akan merusak organ tubuh manusia," kata dia.

Setelah memberikan pembinaan, katanya, polisi kemudian memanggil orang tua dari masing-masing remaja tersebut ke Mapolsek agar mengetahui tingkah laku anak-anak mereka.

"Kami menekankan agar para orang tua lebih ketat memberikan perhatian dan mendidik anak-anak mereka dengan baik dan tidak terjerumus dalam hal-hal negatif yang bisa merusak diri sendiri," kata dia.

Kemudian keempat remaja tersebut diwajibkan untuk membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan serupa yang diketahui orang tua masing-masing.

"Jika mengulangi perbuatannya kami akan menindak tegas sesuai hukum yang berlaku," kata dia. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015