Penjabat ( Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin melepaskan keberangkatan 258 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Babel berangkat ke tanah suci Makkah.

"Alhamdulillah kita semua bahagia, kami pun pemerintah bahagia melihat jamaah semua siap, sehat dan antusias. Jadi kita lepas hari ini 258 JCH (258 JCH dan 2 petugas) yang menurut dokter semua sehat dan layak terbang," kata Ridwan usai melepaskan keberangkatan JCH, di Pangkalpinang, Senin.

Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin, melepaskan keberangkatan kloter 4 gelombang 2 ini dari Embarkasi Haji Antara Babel ke Embarkasi Palembang selanjutnya untuk berangkat ke Arab Saudi.

Para JCH dihimbau untuk tetap berada dalam kelompok, serta yang lebih muda membantu yang tua dan tidak terlalu banyak jalan-jalan dan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kegiatan.

"Jangan lupa pakai masker, karena Pandemi COVID-19 masih ada, dan mudah-mudahan semua sehat dan pulang dengan sehat dan mabrur," ujarnya.

Ridwan juga menitipkan doa kepada JCH ini, untuk mendoakan kemaslahatan bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingat kondisi dunia yang tidak normal saat ini.

"Saya yakin doa JCH ini insya Allah mabrur, karena kondisi dunia memang sedang tidak normal. Saya harap doa yang disampaikan oleh jamaah akan diijabah dan dikabulkan Allah," ujarnya.

Ratusan JCH yang telah mengenakan pakaian ihram haji yang akan diberangkatkan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Embarkasi Palembang untuk istirahat sejenak, kemudian melanjutkan penerbang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlane.

"Jangan lupa tetap pakai masker, tetap jaga kebugaran, kesehatan, banyak makan buah-buahan, banyak minum, serangan matahari harus hindari, kemudian setelah solat subuh olahraga ringan. Karena kita ketahui ibadah haji bukan ibadah kepada Allah, tali juga kita jaga kesehatan supaya niat haji mabrur tercapai karena kita sehat," katanya.*

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022