Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan mendorong kelompok sadar wisata (Pokdarwis) mampu membantu membangkitkan pariwisata daerah guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Saya mendorong Pokdarwis terutama yang berada di sentra pariwisata dapat membantu membangkitkan kepariwisataan daerah agar dapat kenal lebih luas baik di tingkat nasional maupun Internasional," katanya di Sungailiat, Jumat.

Dikatakan peran Pokdarwis yang melibatkan masyarakat cukup strategis karena diberikan hak untuk menggali dan mengembangkan potensi wisata alam yang ada di wilayahnya.

"Kabupaten Bangka dengan administrasi wilayah delapan kecamatan dan 62 desa hampir hampir semuanya mempunyai potensi wisata alam seperti pantai, air terjun, wisata religi dan potensi wisata yang lain," jelasnya.

Selain mendorong peran aktif Pokdarwis untuk terlibat membantu mengembangkan sektor pariwisata, kata Mulkan pihaknya melalui dinas terkait menyusun berbagai program kepariwisataan yang diharapkan mampu menata sistem pengelolaan yang baik dan berkelanjutan.

Bupati mengakui dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata harus didukung semua komponen masyarakat termasuk pula sektor penyangga seperti pelaku usaha masyarakat dan yang penting lain masalah kondisi keamanan.

"Kondisi keamanan wilayah menjadi faktor penting bagi wisatawan untuk berkunjung karena mendapatkan jaminan keamanan dan kenyamanan," kata Mulkan.

Dia optimis sektor pariwisata di Kabupaten Bangka mampu berkembang dengan baik dan meningkat jumlah kunjungan wisatawan baik dalam maupun wisatawan mancanegara karena objek wisata di daerah itu tidak kalah indahnya dengan objek wisata di daerah lain di Indonesia.

Dikatakan agenda kepariwisataan daerah dalam waktu dekat akan diselenggarakan yakni Bangka Expo, Trail Run dan Ico seat. Diharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai keinginan serta mampu membantu meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022