Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat tingkat kegemaran membaca masyarakat pada 2021 mencapai angka 39,61 persen.

"Ini berdasarkan hasil data responden survei, masih rendah dan terus kita tingkatkan dengan membangun kegemaran membaca dan budaya literasi," kata Kepala DKP Bangka Tengah, Irwandi di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, dari total responden 189 orang, diketahui sebanyak 98 orang membaca bahan bacaan fiksi atau non fiksi satu sampai dua jam per hari dan sisanya kurang dari satu jam hingga lebih dari dua jam.

"Kami terus mendorong minat dan budaya membaca dengan membangun fasilitas pendukung dan menggelar kegiatan yang mampu menggairahkan minat baca," katanya.

Pihaknya tahun ini berupaya membangun perpustakaan baru yang lebih modern, representatif dan nyaman.

"Selain itu memperbanyak kegiatan membaca baik di sekolah maupun di rumah, hingga pengadaan sarana dan prasarana seperti penyediaan buku-buku bacaan dan pelajaran, baik di perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum," ujarnya.

Selain itu, kata dia juga menggencarkan baca keliling menambah ilmu (baling bambu) dan posyandu anak-anak bersama bunda baca, pebisnis (perpustakaan berbasis inklusi sosial).

"Mudah-mudahan dengan berbagai upaya yang ada, tingkat kegemaran membaca masyarakat lebih baik, apalagi literasi terus kita dorong," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022