Muntok (Antara Babel) - Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ditetapkan sebagai tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional 2016 yang akan diikuti ratusan anggota komunitas sepeda lipat dari berbagai daerah di Indonesia.

"Berdasarkan pertemuan pada Jamselinas V 2015 yang digelar beberapa hari lalu di Surakarta, Jawa Tengah, Jamselinas VI akan diselenggarakan di Muntok, kemungkinan pada September 2016," kata pengurus komunitas sepeda lipat Kabupaten Bangka Barat Budi Susatyo di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan Jamselinas merupakan ajang silaturahim antara pecinta sepeda lipat atau "seliers" yang ada di Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun sekali.

Menurut dia, sampai 2015 telah dilaksanakan sebanyak lima kali jambore masing-masing Jamselinas I di Jakarta, dilanjutkan di Surabaya, Bandung, Jogjakarta dan Surakarta.

"Pelaksanaan di Muntok nanti merupakan Jamselinas VI dan baru pertama kali dilaksanakan di luar Pulau Jawa, ini merupakan kebanggaan sekaligus tantangan bagi masyarakat untuk ikut menyukseskan kegiatan tersebut," kata dia.

Dia mengatakan, dipilihnya Muntok sebagai tuan rumah Jamselinas 2016 bukan tanpa alasan, karena pengurus organisasi dan peserta telah melihat keberhasilan Muntok saat menggelar kegiatan internasional bertajuk "The International Homestay Fair And Old Town Workshop 2015" yang lalu.

"Secara keseluruhan Muntok siap menyukseskan Jamselinas 2016, kami berharap kegiatan tersebut akan bermanfaat bagi perkembangan pariwisata Bangka Barat," kata dia.

Terkait ketersediaan penginapan dan hotel untuk menampung para peserta jambore, kata dia, panitia akan mengarahkan para peserta menginap di home stay atau rumah singgah yang diperkirakan bisa menampung lebih dari 200 orang.

"Selain di rumah singgah, hotel dan penginapan yang ada di Muntok juga cukup layak untuk menampung para peserta, kami usahakan agar kegiatan itu bisa dibarengkan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kota Muntok sehingga bisa lebih meriah dan semarak," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015