Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar rapat paripurna masa persidangan III tahun sidang 2021-2022 dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-77.

Ketua DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Selasa mengatakan penyelenggaraan sidang bersama DPR dan DPD diatur dalam pasal 228 ayat 5 dan pasal 293 ayat 5 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MPR, DPR dan DPD RI.

"Pada pasal tersebut dinyatakan sebelum pembukaan sidang anggota DPR RI dan DPD RI mendengarkan pidato kenegaraan presiden RI dalam sidang bersama yang dilaksanakan oleh DPR RI secara bergantian," katanya.

Menurut dia, hal tersebut menggambarkan adanya kebersamaan antara dua lembaga perwakilan sebagai simbol pertanggungjawaban politik dua lembaga perwakilan rakyat yang bekerja demi kepentingan bangsa.

"Kemudian merupakan upaya nyata dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi. Berdasarkan hal tersebut maka sidang paripurna ini saya nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," ujarnya.

Ia mengatakan, kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena pada hari ini dapat memperingati HUT RI ke-77 sebagai modal untuk melangkah maju ke depannya.

"Semua ini tidak terlepas dari hasil perjuangan para pendahulu kita yang telah berjuang segenap jiwa dan raga dari sejak Indonesia merdeka 17 Agustus 1945 yang diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta sampai masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo," katanya.

Dirinya bersyukur, pada momentum hari kemerdekaan RI ke-77 kondisi pandemi COVID-19 mulai melandai meskipun pandemi belum sepenuhnya berakhir.

"Kita harus senantiasa waspada karena pandemi belum sepenuhnya berakhir dan terus mengintai kita," ujarnya.

Dikatakan dia, peringatan hari kemerdekaan RI ke-77 dapat dijadikan sebagai titik awal dalam membangun semangat untuk menata kehidupan dan menggerakkan pembangunan Belitung lebih baik ke depannya.

"Serta mewarisi jiwa patriotik para pahlawan bangsa yang telah berjuang dan mempertahankan kemerdekaan RI," katanya.

Ia mengajak seluruh tamu undangan mendengarkan secara seksama isi pidato yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Sehingga kita dapat bersama-sama menerjemahkan isi pidato Presiden dalam membangun daerah," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022