Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman mengunjungi Museum Timah Indonesia di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna melihat langsung sejarah pertimahan di negeri serumpun sebalai itu di Pangkalpinang, Jumat.

Dalam kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di KOrem 045/Garuda Jaya di Pangkalpinang, Ketum Persit Kartika Chandra Kirana didampingi Ketua Persit Daerah II/Sriwijaya beserta rombongan tidak hanya mengunjungi Museum Timah Indonesia, tetapi juga Museum Tenunan Cual Bangka di ibukota provinsi itu.

Selama kunjungan di Museum Timah Indonesia, Rahma Dudung Abdurachman melihat langsung sejarah yang digambarkan dengan miniatur-miniatur aktivitas penambangan bijih timah di Pulau Bangka dan Belitung.

Museum Timah Indonesia yang terletak di Jalan Ahmad Yani Kota Pangkalpinang ini memiliki 514 koleksi tentang pertambangan timah seperti peralatan penggalian timah, jenis-jenis balok timah, sarana transportasi pengangkutan timah, mangkok kapal keruk, monitor, batu-batuan dan lainnya. 

Saat memasuki kawasan Museum Timah Indonesia, pengunjung disambut dengan beragam benda peninggalan bersejarah. Di halaman depan terdapat sebuah lokomotif yang dulunya digunakan untuk pembangkit listrik. Tak jauh dari lokomotif bisa ditemukan banyak mangkuk raksasa yang berfungsi dalam salah satu proses penambangan timah. 

Bangunan MTI Pangkalpinang merupakan salah satu bangunan milik Banka Tin Winning (BTW), badan usaha milik pemerintah kolonial. Bangunan yang dicat bernuansa putih ini sangat kental dengan nuansa eropa. 

Di dalam MTI Pangkalpinang, para pengunjung bisa melihat langsung berbagai koleksi seperti biorama fragmen penambangan timah zaman penjajahan Belanda, maket penambangan darat dan penambangan laut. 

Tak hanya itu, juga terdapat replika dan riwayat prasasti Kota Kapur, replika kapal keruk dan kapal isap produksi timah, stempel balok timah produksi Hoofd Bereau-Banka Tin Winning (BTW), berbagai bantuan.

Di Museum juga bisa mencoba langsung bermain pasir warna-warni atau yang dikenal dengan pemodelan 3D Topografi 

Selain sejarah penambangan timah, tak kalah serunya juga ada sejarah lada putih muntok dan kain cual Bangka Belitung.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022