Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba Ibu Air Susu Ibu (ASI)  guna menjadikan masyarakat di daerah itu hidup sehat dengan pemberian ASI eksklusif.

Selain menjadikan hidup sehat dengan ASI eksklusif, kata Ketua Panitia Lomba Desi di Sungailiat, Selasa, kegiatan ini juga dapat dijadikan motivasi para ibu-ibu dalam pemberian ASI kepada bayinya sampai usia dua tahun.

Ia mengatakan, kriteria lomba Ibu ASI adalah  ibu yang memiliki bayi usia enam sampai 23 bulan lulus ASI eksklusif dan masih menyusui, sejak umur enam bulan sudah diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI), tidak pernah mengkonsumsi susu formula, mempunyai buku KIA/KMS, anak mendapat imunisasi lengkap sesuai umur.

"Umur ibu ditentukan 21-35 tahun, jumlah anak maksimal dua orang tua ikut KB, ibu dan anak sehat, serta ibu bekerja," katanya.

Sedangkan kata dia, tim penilai lomba ini adalah dari lintas profesi seperti dokter, bidan, dan ahli gizi dengan penilaian karakteristik umum dan kelengkapan dokumen, riwayat imunisasi, riwayat pemberian ASI dan MP-ASI, kegiatan ibu menyusui di institusi atau perusahaan, status gizi, tumbuh kembang anak dan pengetahuan ASI.

"Peserta lomba Ibu ASI sebanyak 11 orang perwakilan dari 11 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bangka," katanya.

Sementara itu, Kabag Humas, PDE, dan Santel Setda Bangka, Boy Yandra mengatakan, kegiatan lomba ini perlu dilakukan agar para ibu yang memiliki bayi dapat memberikan ASI kepada bayinya sampai umur dua tahun.

"Saya berharap pengasuhan dan cara pemberian makanan terhadap anak yang akan berdampak terhadap pertumbuhan serta perkembangan anaknya yang sehat," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015