Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan 30 rumah swadaya kepada warga berpenghasilan rendah di Kecamatan Mentok.

"Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat dan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama warga penerima bantuan rumah layak huni tersebut," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Dia menjelaskan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Bangka Barat akan terus memperhatikan keadaan masyarakat dan lingkungan tempat tinggal agar ke depan derajat kesehatan di daerah itu semakin baik.

Kepada para penerima bantuan diharapkan tetap bersemangat, bekerja keras dan selalu yakin dengan berbuat baik akan ada orang-orang yang selalu siap membantu di saat membutuhkan.

"Mudah-mudahan ke depan bisa kita berikan lebih dari ini untuk masyarakat Bangka Barat," katanya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat Hanson Riyadi menjelaskan bantuan rumah swadaya tahun ini diberikan kepada 30 warga berpenghasilan rendah yang sebelumnya sudah dilakukan verifikasi oleh tim.

"Untuk tahun ini kita salurkan di dua lokasi yang masyarakatnya sudah siap dan juga terintegrasi dengan kegiatan Kotaku, yaitu di Kampung Telukrubiah dan Tanjung, Kelurahan Tanjung," katanya.

Setiap warga penerima diberikan bantuan sebesar Rp40 juta yang berasal dari Dana Alokasi Khusus dari pemerintah pusat sebesar Rp20 juta dan dari APBD kabupaten Rp20 juta.

Untuk ukuran rumah yang ditentukan yaitu tipe 36 dengan menyesuaikan kondisi lahan warga penerima bantuan.

Dana tersebut dimanfaatkan untuk membeli bahan bangunan dan tenaga tukang dengan pola pengelolaan oleh kelompok warga penerima.

"Berdasarkan aturan pembangunan rumah tersebut ditargetkan enam bulan selesai, namun jika bisa lebih cepat akan lebih baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022