Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Kodim 0413 akan membangun sebanyak 6.700 jamban, guna meningkatkan sarana kesehatan.

Bupati Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Senin, mengatakan pembangunan sebanyak 6.700 jamban bekerja sama dengan TNI AD dari Kodim 0413 Bangka bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dengan sanitasi air bersih.

"Dengan tersedianya jamban di setiap rumah, diharapkan masyarakat tidak lagi membuang air besar secara sembarangan," ujar bupati.

Pembangunan jamban kata bupati, akan dilakukan oleh pihak TNI AD Kodim 0413 Bangka secara bertahap di masing-masing Koramil yang tersebar di seluruh kecamatan.

"Saya minta, setelah pembangunan jabat dibuat hendaknya dapat digunakan dengan baik dan tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar secara sembarangan," katanya.

Pembangunan jabat bagi rumah penduduk di desa kata bupati merupakan program unggulan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pola hidup bersih dan sehat.

"Saya minta seluruh lapisan masyarakat dapat mendukung program ini guna kepentingan pembangunan bersama," katanya.

Sementara Danramil Belinyu, Kapten Sutarman mengatakan, pihaknya secara bertahap sudah membangun 23 jamban dari sekitar 200 lebih jamban yang akan dibangunnya.

"Kami sudah membangun 23 jamban di rumah warga, dan sesuai target akan dibangun jamban yang sama di 200 lebih rumah warga," katanya.

Dia optimistis, target pembangunan jamban bagi rumah warga sebanyak itu dapat tercapai secara bertahap.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015