Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award 2015 dari empat kementerian.

"Penghargaan bidang AMPL akan kami terima pada 11 November 2015 di Jakarta yang langsung diberikan Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Pendidikan," kata Bupati Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Senin.

Menurut dia, penganugerahan penghargaan itu karena dianggap berhasil melakukan inovasi dan pembangunan sanitasi.

"Keberhasilan meraih AMPL Award adalah wujud dari kebersamaan antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan seperti pelaku usaha, pendidikan serta pihak lain yang memiliki komitmen yang sama dalam mewujudkan pembangunan sesuai dengan misi dan visi," kata bupati.

Ia mengatakan, penyediaan air bersih dan meningkatkan kebersihan lingkungan merupakan salah satu program unggulan. "Kami terus menggalakkan peningkatkan kebersihan lingkungan masyarakat terutama di lingkungan padat penduduk, sedangan ketersedian air bersih dilakukan secara bertahap melalui kerja sama dengan berbagai pihak," kata bupati.

Ia menambahkan, keterlibatan pihak lain termasuk TNI dari Kodim 0413 Bangka dalam memenuhi ketersedian jamban bagi rumah penduduk di pedesaan merupakan bagian program kerjanya.

"Kami menetapkan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat adalah program unggulan karena mengakui pentingnya kesehatan bagi masyarakat," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015