Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat menetapkan Desa Rebo di Kecamatan Sungailiat sebagai kawasan wisata agrobisnis karena memiliki potensi perkebunan yang cukup subur.

"Ditetapkannya Desa Rebo sebagai kawasan wisata agrobisnis atau kawasan wisata perkebunan dan pertanian karena wilayah itu lahannya sangat subur," katanya di Sungailiat, Selasa.

Ia menyebutkan, potensi wisata di Desa Rebo akan diarahkan pada pengembangan tanaman buah-buahan serta jenis tanaman lainnya yang diminati wisatawan.

"Selain pengembangan agrobisnis, pengembangan hortikultura sangat memungkingkan mengingat wilayahnya masih cukup luas," katanya.

Untuk mewujudkannya, kata bupati, harus ada suatu kesepakatan bersama antara pemerintah desa khususnya dengan masyarakat setempat untuk mengelola dan mengembangan wisata agrobisnis maupun wisata hortikultura.

"Desa Rebo yang berbatasan dengan Desa Merawang harus diperjelas tapal batasnya, sehingga tidak terjadi tumpang tindih wilayah desa yang akan menghambat pengembangan potensi desa," ujarnya.

Selain memiliki lahan perkebunan cukup luas, kata bupati, Desa Rebo juga memiliki wilayah pantai yang cukup indah dan dapat menarik daya minat wisatawan untuk berkunjung di desa itu.

"Untuk menuju Desa Rebo tidak terlalu jauh dari pusat kota Sungailiat, didukung infrastruktur jalan yang sudah baik, dimana para wisatawan dapat dengan mudah menjangkaunya baik dengan menggunakan jasa angkutan umum maupun angkutan pribadi," kata bupati.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015