Muntok (Antara Babel) - Api obor Pekan Olah Raga Wilayah Sumatera ke IX mulai diarak dari Pesanggrahan Menumbing Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke Kabupaten Bangka.

"Saat ini api obor kami istirahatkan di rumah dinas Bupati Bangka Barat, pada siangnya akan dibawa para atlet menuju Kecamatan Bakam untuk diserahkan kepada Bupati Bangka," kata Ketua KONI Kabupaten Bangka Barat, Arlan Rasyid di Muntok, Rabu.

Sekitar pukul 09.00 WIB berlangsung upacara penyalaan api obor Porwil Sumatera ke IX yang dilakukan sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari personel TNI dan pelajar yang dipimpin Wakapolres Bangka Barat Kompol Bayu Wijanarko, bertempat di Bukit Menumbing.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Sekda Kabupaten Bangka Barat Yanuar, Danramil 07/413 Mentok, Danpos AL Muntok Lettu Laut (P) M Imam, sejumlah kepala SKPD di lingkungan pemkab setempat.

Api obor yang juga akan diarak menuju Kabupaten Bangka dan dilanjutkan ke Pangkalpinang, di Pesanggrahan Menumbing dinyalakan oleh juru kunci pesanggrahan, mbah Sutejo.

Usai upacara sederhana di puncak Bukit Menumbing, kemudian api obor diarak sembilan orang atlet keliling Kota Muntok dengan rute jalan dari Bukit Menumbing-Kampung Menjelang-Kampung Baru- Terminal Muntok-Masjid Jamik-Tugu Soekarno-Hatta dan berhenti sejenak di rumah dinas Bupati Bangka Barat.

"Di rumah dinas bupati akan ada seremonial penyambutan dan pelepasan api obor, setelah itu rombongan pembawa api akan melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bakam, untuk diserahkan kepada Bupati Bangka," kata Arlan.

Perhelatan Porwil Sumatera IX akan dilaksanakan mulai 12 hingga 21 November 2015 bertempat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015