Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin meresmikan pengoperasian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kabupaten Belitung, guna menyukseskan perhelatan G20 Pulau Belitung pada 7 hingga 9 September 2022.

"Peresmian SPKLU ini, sebagai upaya menyukseskan G20 serta mendorong penggunaan mobil listrik di Indonesia khususnya Babel," kata Ridwan Djamaluddin usai meresmikan operasi SPKLU di Tanjungpandan Belitung, Selasa.

Ia mengatakan perhelatan G20 ini mengangkat isu pembangunan yang berkelanjutan salah satunya yakni, transisi energi berkelanjutan atau energi bersih (sustainable energy transition) di samping dua topik lainnya yakni sistem kesehatan dunia serta transformasi ekonomi dan digital.

"Kami mengapresiasi atas komitmen dan kesiapan PLN dalam mendukung pelaksanaan G20 di Belitung ini," ujarnya.

Menurut dia melalui pemerintah pusat sejak awal merencanakan penggunaan mobil listrik sebagai transportasi untuk delegasi yang hadir nanti, sehingga pemerintah daerah mendorong PLN untuk membangun infrastruktur SPKLU.

"Saya sangat berteria kasih atas upaya yang dilakukan PLN dalam deklarasi kesiapan menyukseskan G20 ini. Jika dulu kita hidup hanya untuk kebutuhan sandang, pangan dan papan, kini bertambah yakni kebutuhan energi," ujarnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung Amris Adnan mengatakan pembangunan SPKLU ini sebagai komitmen PLN untuk menyukseskan G20 di Pulau Belitung.

"Pada kesempatan ini kami, PLN mendeklarasikan bahwa PLN siap menyukseskan G20 di Belitung," katanya.

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022