Pangkalpinang (Antara Babel) - Stok vaksin meningitis untuk jamaah umroh dan haji di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencukupi hingga 2016.

"Kaum muslimin yang akan melaksanakan umrah dan haji tak perlu khawatir dengan persediaan vaksin meningitis karena persediaan mencukupi hingga 2016," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sirjon Sihotang Minggu.

Ia mengatakan, stok vaksin meningitis di Babel saat ini mencapai 3.448 buah, sedangkan untuk pemakai vaksin pertahun sebanyak 1.500 sampai 2.000 sehingga dipastikan stok vaksin cukup hingga tahun depan.

"Kebutuhan vaksin pertahun di Babel sebanyak 1.500 hingga 2.000 buah, sedangkan persediaan kita sudah melebihi kebutuhan pertahun," katanya.  
    
Ia mengatakan, semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis.

"Setiap calon jemaah umrah dan haji diwajibkan untuk mendapatkan vaksin meningitis yang dibuktikan melalui buku International Certificate Vaccination (ICV) atau dikenal sebagai buku kuning," katanya.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan vaksin meningitis, setiap calon jemaah umrah membayar Rp305.000 sesuai dengan ketentuan pemerintah dan bisa langsung datang ke KKP yang berada di Jalan Yos Sudarso Pangkalpinang.

Ia menjelaskan, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

"Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015