Raja Inggris Charles III pada Jumat (9/9) berjanji akan memberikan "pelayanan seumur hidup" dalam pidato pertamanya kepada masyarakat Inggris dan Persemakmuran usai naik takhta setelah wafatnya sang ibunda, Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9).

"Sepanjang hidupnya, Yang Mulia Ratu adalah sebuah inspirasi," kata Charles dalam pidatonya di televisi.

"Ratu Elizabeth menjalani hidup dengan baik, sebuah janji dengan takdir yang ditepati dan dia sangat ditangisi atas kepulangannya. Janji pelayanan seumur hidup itu saya perbarui kepada Anda semua hari ini."

Charles mengatakan dia merasakan "kesedihan mendalam" atas mangkatnya sang ibu dan dia berbagi "rasa kehilangan yang besar" dengan masyarakat.

Charles (73) akan secara resmi naik takhta sebagai Raja di Dewan Aksesi pada Sabtu (10/9) dalam sebuah upacara yang digelar di Istana St. James di London.

Charles menganugerahkan gelar Pangeran dan Putri Wales kepada putra sulungnya William dan menantu perempuannya Kate, gelar yang sebelumnya diberikan kepadanya dan mendiang istri Diana.

Dia juga mengungkapkan rasa cinta untuk putranya Harry dan menantu perempuannya Meghan Markle saat mereka "terus membangun kehidupan mereka di luar negeri."

Pewarta: Xinhua

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022