Belasan grup band dari berbagai daerah di Pulau Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berpartisipasi dalam Festival HUT Bangka Setara IV yang dipusatkan di Gedung Juang Sungailiat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona di Sungailiat Sabtu mengatakan, festival band mengangkat tema Milenial Space HUT Bangka Setara IV itu bertujuan memberikan ruang generasi muda untuk mengembangkan kreasi di bidang seni.

"Belasan grup band yang berpartisipasi pada festival yang dijadwalkan mulai 16-18 September 2022, dibagi dua kategori yakni kategori pelajar dan grup band umum berasal dari berbagai daerah di pulau Bangka seperti dari Kota Pangkalpinang, Bangka Selatan dan Bangka Barat," kata Rismy.

Pihaknya akan mengevaluasi setelah festival selesai digelar untuk melihat minat peserta dan masyarakat. Hasil evaluasi nantinya menjadi bahan program rencana kegiatan yang sama di tahun berikutnya.

Rismy mengakui, di era digitalisasi modern yang berkembang cukup pesat pihaknya mengalami kendala mengajak grup band untuk ikut tampil pada festival band Bangka Setara.

"Selain festival band, hari ini Sabtu (17/9) di tempat yang sama digelar lomba baca puisi tingkat pelajar yang diikuti 40 peserta, puisi yang dibaca peserta semuanya karya seniman lokal," katanya.

Guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat skala mikro dan menengah kata dia, festival band dipadukan dengan bazar produk olahan UMKM.

"Terdata 27 pelaku UMKM yang menjual atau mempromosikan hasil usahanya pada festival band 2022 Bangka Setara," demikian  Rismy Wira Maddona.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022