Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiagakan satu unit mobil pengolah air bersih siap minum untuk membantu korban banjir selama musim hujan.

"Saat ini mobil pengolah air bersih atau 'water treatment' siap melayani warga di wilayah banjir," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kepulauan Babel Sapar di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan mobil khusus pengolah air bersih berkapasitas 9.000 liter itu disiagakan seiring tingkat musibah banjir yang tinggi selama musim hujan.

"Dengan adanya mobil khusus tentu akan sangat membantu korban banjir dalam memenuhi kebutuhan air untuk minum, sehingga mereka dapat terhindar penyakit sakit perut, diare dan lainnya," ujarnya.

Sapar mengatakan mobil khusus itu sangat efektif dan efisien karena dilengkapi alat pengolah air sungai, kolong dan air banjir menjadi air bersih siap dikonsumsi, sehingga sangat membantu pemerintah dalam menyediakan air bersih korban banjir.

"Selama ini masalah utama di wilayah banjir yaitu ketersediaan air bersih yang sangat kurang, karena sumber air masyarakat tercemar banjir," ujarnya.

Untuk itu, pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat korban banjir untuk melapor sehingga memudahkan petugas menyalurkan air bersih.

"Selama ini kita sulit mendeteksi atau menyalurkan bantuan air bersih ini, karena tidak ada permintaan atau laporan dari pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat korban banjir," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015