Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para perajin keramik pemula di Kabupaten Bangka Barat agar semakin memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional.

"Selain sebagai upaya membangun usaha kreatif, pelatihan membuat keramik berkualitas diharapkan mampu menumbuhkan usaha baru dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di daerah ini," kata Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepualaun Bangka Belitung, Zulfan Hamid di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sebagai bentuk keseriusan Pemprov Babel dalam membangun usaha alternatif tersebut pihaknya juga menyalurkan bantuan alat pengering berupa tungku keramik kepada kelompok yang sudah terbentuk di daerah itu.

"Potensi sumber daya alam bahan baku keramik cukup melimpah, pelatihan cara pembuatan juga sudah diberikan, kami berharap keseriusan pemerintah itu bisa meningkatkan motivasi para peserta agar ke depan lebih maju dan berkembang dalam menekuni usaha baru tersebut," kata dia.

Menurut dia, untuk bisa berkembang para peserta hanya perlu motivasi dan terus menekuni usaha baru tersebut.

"Kami juga siap membantu jika dalam perjalanan kelompok ini ada kendala produksi, kelompok bisa ajukan proposal bantuan peralatan untuk keperluan produksi," kata dia.

Ia mengatakan, pelatihan selama lima hari yang dilaksanakan dinilai cukup berhasil terbukti keramik yang diproduksi cukup baik dan tidak banyak yang gagal.

"Kami menilai pelatihan cukup berhasil, ke depan para peserta tinggal meningkatkan pengalaman, kreativitas dan kualitas agar produk yang dihasilkan diminati pasar,"katanya.

Ia mengharapkan, Pemkab Bangka Barat melalui dinas terkait bisa memberikan motivasi dan pendampingan agar para peserta menekuni keterampilan yang sudah diperoleh dan mulai merintis usaha baru bidang kerajinan keramik.

"Pemkab memiliki tanggung jawab untuk mendorong usaha yang akan muncul agar bisa lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan pelakunya," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015