Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperketat pengamanan Pelabuhan Tanjungkalian Mentok untuk mencegah masuknya berbagai barang ilegal.

"Hal ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jasa pelabuhan, sekaligus menjaga agar negara tidak dirugikan atas peredaran barang ilegal," kata Kepala Satuan Polisi Perairan (Polair) Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Minggu.

Ia mengatakan anggota Satuan Polair rutin melakukan pemeriksaan muatan kendaraan yang baru tiba di Pelabuhan Tanjungkalian maupun yang akan berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Apiapi, Sumatera Selatan.

"Setiap kendaraan diperiksa muatannya untuk mencegah barang ilegal masuk ke Pulau Bangka melalui Pelabuhan Tanjungkalian. Kami bertugas siang dan malam untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dan lainnya," ujar dia.

Para personel Satuan Polair, katanya,  memeriksa muatan kendaraan yang ditutupi terpal guna melihat fisik barang sesuai manifes dan pemeriksaan dokumen penyeberangan kendaraan.

Dalam pemeriksaan tersebut, paparnya, memang memakan waktu karena hampir semua sopir menutup bak truk dengan terpal tebal dan berlapis.

"Kami meminta membuka terpal agar petugas bisa lebih jelas melihat barang bawaan, kalau ditemukan barang ilegal maka akan kami amankan terlebih dahulu," katanya.

Dalam kegiatan ini, Satpolair menggandeng PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Mentok agar bisa bersama-sama melakukan pengawasan keluar masuk barang dan pengamanan kawasan pelabuhan itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022