Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun rumah sehat gratis untuk melayani pasien kurang mampu.

"Ini terobosan yang sangat bagus dilakukan Baznas dan kita siap membantu, bahkan kita sudah MoU dengan Baznas terkait pembangunan rumah sehat itu," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Kamis.

Bupati menjelaskan, pemerintah daerah sudah menghibahkan lahan seluas 500 meter persegi di eks Komplek PT Koba Tin.

"Kita siap berkolaborasi dengan Baznas dan pembangunan rumah sehat itu akan dimulai pada 2023 dan menjadi rumah sehat gratis pertama di Bangka Tengah," kata bupati.

Masyarakat khususnya di sekitar rumah sehat Baznas itu bisa dilayani secara gratis tanpa harus menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

"Nanti juga kita bantu menyiapkan tenaga dokternya, baik dokter umum maupun dokter spesialis terutama dokter spesialis gigi," katanya.

Bupati juga mengatakan bahwa pembangunan rumah sehat gratis ini mendapatkan dukungan langsung dari Baznas pusat.

"Selain kita diberi satu unit mobil gratis, Insya Allah dapat kucuran dana juga untuk membangun rumah sehat," kata bupati.

Bupati mengatakan, lahan bekas perkantoran PT Koba Tin itu akan direvitalisasi dan akan dibangun berbagai fasilitas publik lainnya,

"Tidak hanya rumah sehat, tetapi juga fasilitas publik lainnya seperti perpustakaan daerah, SKB, perguruan tinggi, kantor-kantor organisasi. Termasuk juga merevitalisasi kawasan pantai di sekitar komplek perkantoran PT Koba Tin itu," katanya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022