Kepolisian Resor Bangka Barat, Daerah Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan patroli sambang warga guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan Pelabuhan Mentok.

"Sambang warga penting untuk memudahkan kita dalam menyerap berbagai macam informasi, terutama yang bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kepala Satuan Polair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Sabtu.

Selain itu, kata dia, kedekatan dengan warga yang biasa beraktivitas di Pelabuhan Mentok tersebut juga akan sangat membantu dalam upaya bersama menjaga situasi kondusif sehingga masyarakat bisa bekerja dengan tenang dan nyaman.

"Kehadiran personel di tengah warga juga akan menciptakan rasa aman dan nyaman sehingga warga bisa semakin produktif dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari di lokasi itu," katanya.

Pelabuhan Mentok merupakan pelabuhan lama yang saat ini difungsikan sebagai pelabuhan pendaratan ikan, dan banyak nelayan luar daerah yang berlabuh di pelabuhan tersebut untuk menjual ikan hasil tangkapan.

"Kami selalu mengingatkan kepada seluruh personel Satuan Polair agar rutin memantau situasi wilayah pesisir guna menjaga situasi tetap kondusif, mencegah kemungkinan terjadinya tindak pidana dan pelanggaran hukum di wilayah kepulauan tersebut," katanya.

Patroli yang dilaksanakan Sat Polair Polres Bangka Barat juga bertujuan mengamankan harta benda masyarakat yang ada di kawasan Pelabuhan Mentok.

Dengan hadirnya Polri di tengah masyarakat memberikan dampak positif sehingga masyarakat merasa dilindungi dan terayomi, sekaligus hubungan silaturahim terjalin dengan baik.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022