Ketua Umum PB Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Dato' Seri H Syamsul Arifin melantik Marwan sebagai Ketua MABMI Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022 - 2026, guna menjaga adat budaya melayu masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Saya memuji hubungan masyarakat melayu dengan nonmelayu di Babel yang terjalin dengan sangat baik," kata Dato' Seri H Syamsul Arifin saat melantik Ketua dan Pengurus MABMI Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Selasa sore.

Ia mengatakan kegiatan pelantikan Pengurus Wilayah MABMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022 - 2026 bertemakan "Mengokohkan spirit kebersamaan, kreasi, kolaborasi lintas etnis untuk mewujudkan budaya Kepulauan Bangka Belitung yang khas, berdaya dan berjaya" ini berjalan dengan baik dan susunan acaranya tidak amburadul.

"Saya memberikan apresiasi kepada Penjabat Gubernur Kepulauan Babel dan Dirut PT Timah Tbk beserta tamu undangan lainnya yang rendah hati dan mengutamakan kesopanan berbudaya melayu dalam menyukseskan pelantikan ketua dan pengurus MABMI Negeri Serumpun Sebalai ini," katanya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin mengatakan pelantikan pengurus MABMI ini dapat memperkokoh dan memperkuat persaudaraan dan kekeluargaan di masyarakat.

"Saya mengajak semua, ketika kita sangat menghargai kebhinekaan dan itulah esensi dari Indonesia," ujarnya.

Menurut dia secara alami masyarakat sudah terfokus dengan beragam suku bangsa, agama yang tersebar di mana-mana dan mudah-mudahan keberagaman ini akan menjadi kekayaan bangsa ini.

"Keberagaman masyarakat Babel ini sangat kuat dan kami sadar betul terlahir seperti ini, sehingga tidak ada satupun yang berhak mengklaim bahwa dirinya yang paling berhak di daerah ini," katanya.

Ia menyatakan kehidupan sosial yang sudah terbentuk dengan baik seperti tidak ada pertengkaran antarkelompok, perbedaan-perbedaan pendapat dan lainnya menjadi modal dasar pemerintah dalam membangun daerah ini. 

"Saya sangat membanggakan kondisi sosial masyarakat dan di setiap kesempatan selalu menyampaikan bahwa sosial masyarakat Babel sangat terjalin dengan baik, sehingga dapat meningkatkan inverstor berinvestasi dan berwisata ke Negeri Serumpun Sebalai ini," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022