Sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah kepala negara mengikuti jamuan makan pada KTT G20 dibagikan seorang pengguna Twitter pada pertengahan November 2022.

Dalam foto itu, tampak sejumlah kepala negara anggota G20 seperti PM Inggris Rishi Sunak, PM Kanada Justin Trudeau, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Di belakang ketiga kepala negara itu tampak pula sosok mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang terlihat berdiri di dekat jalan masuk lokasi perjamuan makan.

Sebanyak 1.373 pengguna Twitter telah menyukai unggahan foto yang muncul pada 16 November 2022 itu.

Foto itu juga dibagikan ulang hingga 234 kali dengan narasi sebagai berikut:
"Bapak politik identitas yang kata pendukungnya tamu kehormatan di G20. Ko wajahnya plesiden 212 itu memelas berdiri ya? Kasihan, penerima tamu undangan ngaku-ngaku tamu kehormatan. Gini amat mau dielu-elukan sampai ga punya malu."

Benarkah Anies Baswedan berdiri di luar tempat makan siang dalam salah satu acara KTT G20?
 
Unggahan hoaks yang menyatakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak berdiri di belakang tiga kepala negara anggota G20 dalam acara jamuan makan siang KTT G20 di Bali, pada November. (Twitter)


Penjelasan:
Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan foto hasil suntingan.

Foto asli telah diunggah oleh akun resmi Twitter serta Instagram Presiden Joko Widodo dengan keterangan foto terkait acara jamuan makan siang KTT G20.

"Suasana makan siang yang santai dan akrab bersama para pemimpin negara G20 dan organisasi internasional, tadi seusai sesi pertama KTT G20. Jamuan digelar di Rumah Bambu, Ocean Front Lawn, Hotel Apurva Kempinski, Bali," demikian keterangan pada unggahan foto  

Dalam unggahan foto Presiden Jokowi, pria yang berdiri di belakang tiga kepala negara pada lokasi jamuan makan siang bukanlah Anies Baswedan, melainkan salah satu panitia KTT G20.

Dengan demikian, unggahan yang mengklaim Anies Baswedan berdiri di luar tempat makan siang G20 merupakan kabar bohong atau hoaks.

Klaim: Anies Baswedan berdiri saat makan siang G20
Rating: Hoaks/Salah

Baca juga: Hoaks! Anies buktikan ijazah Presiden Jokowi palsu

Baca juga: Hoaks! Takut dipenjara, Anies Baswedan sujud depan Jokowi

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022