Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka, siap mengembangkan wisata kapal pesiar yang dinilai memiliki potensi pasar cukup besar.

"Kami akan membangun sejumlah fasilitas untuk mendukung kedatangan kapal-kapal pesiar ke sini (Belitung)," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Kamis.

Bupati menyampaikan hal tersebut usai menerima kunjungan sebanyak 80 wisatawan kapal pesiar National Geography (Linbland Cruise) di daerah itu.

Kapal pesiar National Geography sedang lego jangkar di perairan Belitung dan mengajak penumpangnya mengunjungi tempat-tempat ikonik dan destinasi pariwisata di Belitung selama kurang lebih empat jam.

Kapal tersebut berangkat dari Singapura, sempat singgah di Kepulauan Anambas, Riau dan saat ini menyinggahi Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

"Setelah dari sini (Belitung) mereka akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan nanti berakhir di Bali," ujarnya.

Sahani menambahkan kunjungan kapal pesiar tersebut merupakan kunjungan perdana setelah pandemi COVID-19 melandai di daerah itu.

"Meskipun singkat, tetapi kunjungan ini akan sangat berarti bagi kami untuk belajar menjamu mereka dan mereka juga mengatakan akan kembali lagi ke Belitung dengan membawa keluarganya," kata dia.

Ia juga memastikan kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Tanah Air harus menjadi peluang yang harus ditangkap mengingat Belitung merupakan salah satu destinasi pariwisata bahari dan maritim.

"Apalagi Pulau Belitung ini berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sehingga menjadi rute lalu lintas kapal-kapal besar berbendera luar negeri," ujarnya.

Saat ini, pemerintah daerah sedang mengembangkan sejumlah infrastruktur untuk memfasilitasi kunjungan kapal-kapal yacht dan pesiar di daerah itu.

"Karena kendala kita selama ini adalah dari infrastruktur salah satunya pelabuhan, namun pemerintah daerah sudah membebaskan lahan di kawasan pantai Tanjung Tinggi dan rencananya itu memang akan dibangun Marina," katanya.

Ia berharap pengembangan wisata kapal pesiar akan menjadi potensi dan sumber pendapatan baru bagi pelaku pariwisata di daerah itu.

"Kita ketahui bersama bahwa para yachter ataupun wisatawan kapal pesiar memiliki kualitas spending of money yang cukup baik sehingga perputaran keuangan nanti bisa lumayan tinggi," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022