Sebanyak 433 orang atau 40,20 persen dari total 1.077 tenaga kesehatan yang menjadi target vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis keempat atau dosis penguat kedua menurut data Dinas Kesehatan.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah menunjukkan cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama, kedua, dan ketiga pada kelompok sasaran tenaga kesehatan telah mencapai berturut-turut 120,52 persen; 116,34 persen; dan 111,14 persen. 

"Kami terus gencarkan penyuntikan vaksin dosis keempat untuk tenaga kesehatan karena mereka adalah garda terdepan dalam melakukan pertolongan pertama kepada pasien yang terpapar virus corona," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah Anas Maaruf di Koba, Sabtu.

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan dan warga di puskesmas-puskesmas.

"Kami tidak menyiapkan gerai khusus untuk dosis empat ini. Stok vaksin kami siapkan di seluruh puskesmas," kata Anas.

Selain menuntaskan pelaksanaan vaksinasi dosis keempat pada tenaga kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berupaya menyelesaikan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga pada warga yang bisa mendapat vaksinasi dosis penguat.

Menurut data Dinas Kesehatan, jumlah warga yang sudah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 47.871 orang atau 31,23 persen dari total 153.277 warga yang menjadi sasaran vaksinasi.

"Akselerasi untuk vaksinasi booster (penguat) masih perlu ditingkatkan hingga ke pelosok desa, dan semua pusat kesehatan masyarakat kita dorong mempercepat pemberian vaksin dosis ketiga," kata Anas.

Dia mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan meski penularan COVID-19 sudah mereda di wilayah Bangka Tengah.

"Kasusnya sudah mulai melandai, tapi kami imbau warga tidak lengah karena virus corona belum hilang. Saat ini kita menemukan tiga kasus baru, setelah sebelumnya sempat zero (nol) kasus selama beberapa bulan," katanya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022