Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh menyakini operasional KMP Puteri Leanpuri dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di dua wilayah kepulauan daerah itu.

"Beroperasinya KMP Puteri Leanpuri di jalur lintasan penyeberangan Tanjung Ru - Tanjung Nyato mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya di Badau, Jumat

Bupati Belitung didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumbagsel Kementerian Perhubungan, Muhammad Fahmi dan General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bangka, Christoper Samosir telah meresmikan pengoperasian KMP Puteri Leanpuri.

KMP Puteri Leanpuri melayani rute pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru di Kecamatan Badau menuju pelabuhan penyeberangan Tanjung Nyato di Kecamatan Selat Nasik.

"Ini adalah upaya kami untuk membangun wilayah kepulauan didukung dengan infrastruktur pelabuhan dan sarana transportasi," ujarnya.

Ia menambahkan operasional KMP Puteri Leanpuri merupakan komitmen dari pemerintah untuk membuka konektivitas pulau-pulau terluar sehingga menstimulasi pertumbuhan ekonomi.

"Nanti tidak ada lagi istilah pulau terluar pulau tertinggal karena semuanya sudah saling terhubung dengan infrastruktur seperti ini," katanya.

Bupati juga memastikan kehadiran KMP Puteri Leanpuri juga akan berimbas positif bagi sektor pariwisata, seiring dengan adanya infrastruktur pelabuhan yang kondusif untuk menerima kunjungan wisatawan.

"Kapal ini akan menjadi salah satu alternatif untuk pilihan akses transportasi menuju Selat Nasik apalagi didukung dengan infrastruktur pelabuhan yang cukup representatif," ujarnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Perhubungan Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Ru mengharapkan KMP Puteri Leanpuri mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Belitung.

"Kemudian diharapkan membuka konektivitas transportasi antar pulau, memudahkan akses destinasi wisata di area pesisir serta mengoptimalkan pendapatan asli daerah," katanya.

KMP Puteri Leanpuri melayani lintasan penyeberangan Tanjung Ru menuju Tanjung Nyato setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari pelabuhan Tanjung Ru pukul 08.00 WIB dan dari pelabuhan Tanjung Nyato pukul 16.00 WIB.

"KMP Puteri Leanpuri berkapasitas penumpang ekonomi duduk 120 orang, 10 mobil dan enam truk," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022