Pemerintah Kota Pangkalpinang melaksanakan kegiatan pembinaan perpustakaan untuk kepala sekolah dan pengelola perpustakaan sekolah pada satuan pendidikan dasar di kota itu, Rabu (7/12).

"Seperti yang kita ketahui bahwa perpustakaan sekolah merupakan sumber pengetahuan bagi siswa, guru dan semua warga sekolah, tapi kenyataan yang sekarang ini, keberadaan perpustakaan sekolah belum berfungsi secara optimal," kata Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam.

Agar fungsi dan peran perpustakaan sekolah dapat berjalan dengan optimal, Menurutnya maka diperlukan suatu pembinaan perpustakaan sekolah agar dapat meningkatkan standar mutunya sehingga mempunyai daya tarik bagi siswa.

"Kegiatan ini memang sangat dibutuhkan sekali, sehingga bisa menarik minta siswa untuk membaca buku-buku yang ada di ruang itu. Jadi tidak hanya murid, tapi guru-guru juga harus hobi membaca dan menulis," katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Eti  Fahriaty mengatakan pada tahun 2018  
bahwa di perpustakaan itu, ada program baru yang namanya transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"Dengan adanya program transformasi ini, maka diperlukan suatu perubahan agar bisa mengubah pola pikir, sehingga dapat menimbulkan minta baca. Jadi tujuan perpustakaan untuk mencerdaskan bisa tercapai," ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022