Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan sebanyak 1.800 paket berisi bahan pangan pokok yang dijual dengan harga murah untuk warga di Kabupaten Bangka Barat.

"Hari ini kita memfasilitasi penyelenggaraan pasar murah ini di Lapangan Gelora Mentok, kami berharap kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang terdampak inflasi," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Bangka Barat Aidi di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 1.800 paket sembako murah tersebut berisi beras premium 20 kilogram, gula pasir lima kilogram, minyak goreng lima liter, dan tepung terigu dua kilogram

"Satu paket dijual dengan harga Rp198.500, jika dibandingkan dengan harga pasar, harga ini sekitar 50 persen lebih murah," ujarnya.

Aidi mengatakan, dalam pelaksanaan pasar murah tersebut Disperindag Babel bekerja sama dengan beberapa instansi lain, antara lain Bank Indonesia, Bulog, Pemkab Bangka Barat serta melibatkan pihak Kepolisian.

Ia mengatakan, pasar murah paket sembako tersebut disiapkan untuk seluruh masyarakat yang sudah memiliki kupon dari panitia.

"Kita tidak membatasi masyarakat yang mampu atau tidak mampu, sepanjang barang atau kupon masih ada, masih bisa membeli paket sembako murah tersebut," katanya.

Pada awal rencana kegiatan itu, Pemkab bangka Barat bekerja sama dengan pihak kelurahan untuk mendistribusikan kupon, namun karena persediaan terbatas pada akhirnya pembagian kupon langsung berhubungan dengan panitia.

Menurut dia, pasar murah paket sembako akan terus dilakukan dengan menjangkau warga yang berada di kecamatan lain agar terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membantu masyarakat menyesuaikan kondisi dan kebutuhan sebagai salah satu upaya bersama dalam mengendalikan inflasi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022