PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang memfasilitasi kegiatan pameran produk untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang selama ini menjadi nasabah program Mekaar Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Bangka Belitung, melalui Bazar UMKM di terminal bandara tersebut.

"Kami ingin membantu mereka mengenalkan sekaligus mempromosikan produk kepada seluruh pengunjung, terutama wisatawan yang datang di Pulau bangka," kata GM Angkasa Pura II, Mohammad Adiwiyatno di Pangkalpinang, Rabu.

Menurut dia, kegiatan yang digelar selama 14 hari mulai Selasa (13/12) tersebut merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi BUMN agar semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama para pelaku UMKM yang sedang merintis usaha di daerah itu.

Ia mengatakan setiap akhir tahun Angkasa Pura II selalu bersinergi dengan semua pihak terkait untuk dapat menggelar bazar dan pameran karena tingkat kunjungan dan lalu lintas di terminal Bandara Depati Amir selalu meningkat.

"Melalui bazar ini saya berharap pembinaan bisa terus berlanjut sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk pelaku UMKM Babel dan produk-produk yang dihasilkan semakin terkenal dan laku di pasaran," katanya.

Pimpinan Cabang PNM Bangka Belitung, Daniel Silitonga berharap sinergi ini dapat terus berlanjut dan menjadi agenda rutin agar para pelaku UMKM memiliki ruang untuk memasarkan produk.

"Semoga kolaborasi ini terus berlanjut sehingga UMKM kita semakin berkembang dan naik kelas," ujarnya.

Bazar UMKM di terminal Bandara Depati Amir berlangsung 14 hari, diikuti 12 pelaku UMKM yang menawarkan lebih dari 100 produk kuliner, makanan dan cemilan khas daerah, kerajinan tangan dan produk hasil olahan ikan dan hasil laut.

"Kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, kami melalui program pengembangan kompetensi usaha akan tetap terus berusaha untuk membantu para pelaku UMKM, khususnya kepada para nasabah Mekaar PNM," katanya.

Pada program pengembangan kompetensi usaha, PNM tidak hanya memberi bantuan modal saja, tapi intelektual dan sosial agar para nasabah mampu mengembangkan usaha dan memasarkan produk.

Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin berterima kasih kepada PT Angkasa Pura II dan PNM Babel yang telah memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM memamerkan produk di Terminal Bandara Depati Amir.

Pemprov Babel terus berupaya melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku UMKM dengan bersinergi bersama berbagai pihak termasuk BUMN.

"Pola ini kita lakukan secara masif, berkelanjutan, para pelaku UMKM juga kita dorong untuk terus beradaptasi dan berinovasi terhadap persaingan usaha," kata Ridwan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022