Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung, mengajak masyarakat agar memanfaatkan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Porprov Babel) 2023 untuk mendorong kemajuan perekonomian dan sektor pariwisata di daerah itu.

"Kita matangkan berbagai persiapan mulai sekarang agar pada pelaksanaannya nanti bisa sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses pemberdayaan masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat M. Soleh di Mentok, Jumat.

Disebutkan bahwa kegiatan Porprov yang akan digelar pada 22 hingga 30 Agustus 2023 tersebut diperkirakan akan datang ribuan orang dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Babel.

Menurut dia, kesempatan itu harus dimanfaatkan oleh masyarakat bersama-sama pemerintah daerah setempat dan instansi terkait lainnya untuk mempromosikan berbagai potensi wisata, UMKM, ekonomi kreatif dan lainnya yang dimiliki agar terjadi perputaran ekonomi di masyarakat.

"Bangka Barat harus mempersiapkan segala sesuatu dan dapat bertanggung jawab dalam menyukseskan pesta olahraga skala regional ini," ujarnya.

Menurut dia, Porprov Babel bukan sekedar perhelatan olahraga, namun juga memiliki beragam dampak lainnya untuk memajukan pembangunan dan perekonomian masyarakat.

Bupati Bangka Barat Sukirman berpesan agar masyarakat dan seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan itu bisa memberikan pelayanan terbaik sebagai tuan rumah, baik kepada atlet maupun tamu.

"Bangka Barat dipercaya sebagai tuan rumah ini merupakan sebuah kebanggaan dan perlu kita manfaatkan untuk kemajuan bersama, baik dalam bidang olahraga maupun ekonomi dan pembangunan daerah," kata Sukirman.

Untuk itu, dia mengutarakan harapannya agar seluruh panitia, organisasi dan instansi terkait yang terlibat untuk benar-benar melakukan persiapan diri dengan baik agar kegiatan berjalan sukses.

"Dalam bidang olahraga, mari kita latih para atlet, dan manfaatkan pos anggaran sebaik-baiknya agar mereka dapat memberikan penampilan yang dapat dibanggakan di Bangka Barat. Karena dengan hal yang positif akan membawa hal-hal baik di masa depan," katanya.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat Mailan mengatakan pemkab masih melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan menggelar sosialisasi kepada seluruh unsur Forkopimda, para Camat, kepala desa dan organisasi perangkat daerah terkait yang akan dilibatkan dalam penyelenggaraan Porprov Babel 2023.

Mailan meminta para kepala desa yang hadir dalam sosialisasi ini dapat menginformasikan kepada warga masing-masing terkait tata cara dan pelaksanaan kegiatan pesta olahraga skala regional ini.

"Dengan begitu diharapkan masyarakat akan ikut berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan acara," katanya.

Porprov Babel 2023 akan menandingkan sebanyak 20 cabang olahraga, 19 cabang akan dilaksanakan di bangka Barat dan satu cabang, yaitu renang, terpaksa digelar di Sungailiat, Kabupaten Bangka karena kendala infrastruktur.

"Sebanyak 19 cabang olahraga itu akan digelar di tiga kecamatan, yaitu di Kecamatan Kelapa, Parittiga, dan Mentok," kata Mailan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022