Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan layanan vaksinasi COVID-19 guna memperoleh capaian layanan vaksin dengan jumlah maksimal hingga akhir tahun 2022.

"Digencarkan layanan vaksin dengan harapan sampai akhir tahun 2022 capaian vaksin dapat terealisasi maksimal sebab sampai saat ini angka penerima di semua kelompok usia wajib vaksin untuk dosis pertama baru mencapai 82,31 persen atau 236.786 orang dari sasaran 287,667 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr Then Suyanti di Sungailiat, Senin.

Begitu pula halnya vaksin dosis kedua sebanyak 201.626 orang atau 70,09 persen, dosis ketiga atau vaksin penguat pertama 31.87 persen atau 70.414 orang dan vaksin dosis kedua penguat baru terdapat 1.473 persen atau 6,31 persen.

"Untuk memberikan layanan masyarakat yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 setiap hari kerja di buka puluhan gerai vaksin bahkan pula di buka gerai vaksin malam hari khusus pada Jumat dan Sabtu malam di Sungailiat," kata dia.

Then Suyanti memastikan, ketersediaan vaksin masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat sampai akhir 2022, dan kalaupun habis pihaknya akan segera mengusulkan pasokan vaksin ke pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

"Masyarakat di semua kelompok usia wajib vaksin harus memperoleh suntik vaksin di semua tahapan dosis guna meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terpapar virus corona yang sampai saat ini masih ditemukan di tengah masyarakat," ujar dia.

Bagi kelompok anak yang belum mendapat vaksin dosis pertama atau kedua, diharapkan peran aktif orang tua yang bersangkutan membawa anaknya di gerai layanan vaksin terdekat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022