Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi kelangkaan bahan pokok di daerah itu menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan pokok di Belitung dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 dengan melakukan pengawasan pasokan di sejumlah distributor ," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Belitung Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Rabu.

Pihaknya bersama satgas pangan setempat melakukan pengawasan ke sejumlah distributor bahan pokok di daerah itu guna memastikan ketersediaan stok bahan pokok sehingga tidak terjadi kelangkaan.

Ia mengatakan kelangkaan stok bahan pokok dikhawatirkan akan berimbas terhadap kenaikan harga bahan pokok di daerah itu.

"Kelangkaan bahan pokok dikhawatirkan dimainkan oleh oknum-oknum spekulan untuk menaikkan harga di luar kewajaran," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan setempat guna menjamin kelancaran bongkar muat kapal pengangkut bahan kebutuhan pokok.

"Karena sebagian besar memang bahan kebutuhan pokok di Belitung mayoritas didatangkan dari luar daerah," katanya.

Untuk harga bahan pokok di pasar tradisional, lanjut Rita, sampai saat ini terpantau masih stabil dan normal.

"Harga bahan pokok terpantau masih normal belum ada kenaikan atau lonjakan harga yang cukup signifikan," ujarnya.

Dia menyarankan masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kelangkaan sembako karena pihaknya berupaya membantu masyarakat untuk ketersediaan sembako.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022