Polisi Sektor Simpangteritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh warga ikut berperan aktif menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang tahun baru 2023.

"Pada masa seperti sekarang ini biasanya ada berbagai kegiatan yang digelar masyarakat. Kami berharap warga tetap tertib dan menjaga situasi kamtibmas tetap nyaman dan terkendali," kata Kapolsek Simpangteritip Iptu Imam Satriawan di Bangka Barat, Sabtu.

Menurut dia, upaya menjaga kamtibmas merupakan tugas yang harus dikerjakan secara bersama-sama antara pihak keamanan, pemerintah, elemen masyarakat dan seluruh warga.

"Untuk meningkatkan pemahaman terkait tugas dan tanggung jawab ini, kami telah menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat, pemuka agama dan perwakilan warga," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya memberikan ruang bagi masyarakat agar bisa memberikan informasi apapun kepada pihak Kepolisian dan para personel juga bisa memberikan sosialisasi dan edukasi terkait upaya menjaga kamtibmas.

"Kegiatan pertemuan seperti ini cukup terbuka dan lebih relevan dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kami lebih mudah masuk dan masyarakat juga tidak sungkan memberikan informasi dan masukan lain terkait perkembangan kamtibmas di wilayah masing-masing," katanya.

Dalam kesempatan ini, jajaran Polsek Simpangteritip juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersinergi dengan kepolisian, khususnya dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Tujuan kita melaksanakan kegiatan seperti ini sebagai salah satu sarana silaturahim dengan warga maupun perangkat desa guna membahas keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang pergantian tahun seperti saat ini," ujarnya.

Menurut dia, kamtibmas merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan Polri dalam mengemban amanah Undang Undang, yang tentunya dalam pelaksanaan tugas Polri tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam berperan serta membantu tugas Kepolisian khususnya dalam memberikan informasi sekecil apapun peristiwa yang terjadi di lapangan.

"Khususnya menjelang pergantian malam tahun baru, mari kita bersama-sama tetap menjaga situasi aman dan kondusif," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol. Yan Sultra Indrajaya mengimbau masyarakat melakukan berbagai upaya antisipasi agar situasi kamtibmas terus terjaga dan momentum pergantian tahun bisa dimaknai dengan lebih arif dan bijaksana.

Melihat perkembangan situasi saat ini, Kapolda menjelaskan ada beberapa hal yang harus diantisipasi bersama agar peringatan pergantian tahun berjalan kondusif, antara lain apabila ada warga, kelompok, pelaku usaha dan lainnya ingin melaksanakan kegiatan perayaan tahun baru diminta melaporkan kepada pihak keamanan untuk memudahkan dalam pemantauan.

Selama kegiatan juga diwajibkan tetap patuh menerapkan protokol kesehatan guna mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran COVID-19 secara masif.

"Kita juga harus mewaspadai kemungkinan terjadinya tindak pidana kejahatan di jalanan saat melaksanakan kegiatan di pusat perbelanjaan atau keramaian lainnya," kata Kapolda.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022